Tanpa Kita sadari, Tanaman Ilalang Ternyata Mampu Mengobati Penyakit Ginjal, Demam, DLL, Berikut Ini Cara Pengolahannya


 Pada saat kita jalan-jalan ke lapangan yang berumput, kerapkali kita temukan tumbuhan alang-alang. Tumbuhan ini memiliki nama ilmiah imperala cylindrica dengan nama daerahnya yang di kenal dengan Naleueng lakoe (Aceh) Rih, Ri (Batak), Oo (Nias), Alalang, Hilalang, Ilalang (Minang kabau) ; Lioh (Lampung), Belalang, Bolalang (Dayak) ; Eurih (Sunda) ; Alang-alang kambengan (Jawa), Kebut, Lalang (Madura) Lalang (Bali), Kii, Rii (Flores) Well, Welia, Wed (Aymbon).

Tumbuhan ini hidup di beberapa tempat di daerah terbuka seperti padang, lega, rawa-rawa, ladang maupun hutan yang baru terbakar. Di Jawa tumbuh pada ketinggian sampai dengan 2700 m dpl, Tumbuhan ini bisa merubah pertumbuhan tanaman lain lantaran keperluan natrium yang relatif tinggi. Tanaman ini termasuk juga kelompok herbal atau tanaman yang tidak memiliki kayu dibagian batangnya, adalah jenis rumput yang merayap dengan ketinggian 30-180 cm.

Memiliki batang yang merayap dibawah tanah, dengan bunga yang tegak membuat satu perbungaan. Daun berupa helaian panjang yang berujung runcing. Memiliki buah seperti padi dengan bijinya berupa jorong, panjang 1 mm lebih. Tahu tidak kapan tumbuhan alang-alang berbunga? Alang-alang biasa berbunga pada Januari sampai dengan Desember, cukup lama ya berarti berbunga selama tahun atau berbunga setiap saat.

Tanaman alang-alang berkembang biak dengan sendirinya. Sisi yang kerap dipakai untuk penyembuhan yaitu sisi rimpang (batang yang menyebar) dari tumbuhan yang sudah matang. Rimpang yang baik berwarna pucat, berasa manis serta sejuk.

Bagian Rimpang bermanfaat untuk pelembut kulit, peluruh air seni, pembersih darah, penambah nafsu makan, penghenti perdarahan. Di samping itu, bisa dipakai juga dalam usaha penyembuhan penyakit kelamin (kencing nanah, kencing darah, raja singa), penyakit ginjal, luka, demam, tekanan darah tinggi serta penyakit syaraf. Nah, bila sisi tumbuhan keseluruhnya bisa dipakai juga sebagai makanan hewan ternak, bahan kertas, serta untuk penyembuhan kurap.

Hati-hati lho bila memakai tanaman ini mesti sesuai sama ketentuan hingga tidak menyebabkan racun (toksik) pada tubuh kita. Apabila terlalu berlebih dalam mengkonsumsinya efek yang diakibatkan, yakni pusing, mual, ada penambahan rasa mau buang air besar.

Contoh Manfaat Alang-alang di orang-orang Indonesia :

Demam lantaran buang air kecil berdarah : Satu sendok penuh rimpang alang-alang, rebus dengan sebagian potong tang kwe (daging buah beligu setengah matang yang di buat manisan kering) dalam dua gelas hingga airnya tinggal separuh. Air ini diminum 2 gelas 1 hari. Air kencing bakal normal serta suhu badan turun.

Apa rahasia dibalik manfaat serta khasiat tanaman alang-alang?
Tanaman alang-alang mempunyai kandungan senyawa arundoin, fernenol, isoarborinol, silindrin, flavon, serta kandungan kimia yang lain.
Tanpa Kita sadari, Tanaman Ilalang Ternyata Mampu Mengobati Penyakit Ginjal, Demam, DLL, Berikut Ini Cara Pengolahannya Tanpa Kita sadari, Tanaman Ilalang Ternyata Mampu Mengobati Penyakit Ginjal, Demam, DLL, Berikut Ini Cara Pengolahannya Reviewed by Unknown on 16.17 Rating: 5
Diberdayakan oleh Blogger.