Bagi Kalian Yang Suka Menkonsumsi Ramuan Herbal, Berikut Ini Tips Yang Benar Agar Semakin Bermanfaat


 Maraknya pemakaian obat herbal di Indonesia terkait juga dengan kekayaan tumbuhan yang tersimpan di negeri ini. Indonesia terdaftar juga sebagai salah satu negara yang mempunyai kekayaan tumbuhan yang melimpah. Tetapi apakah obat yang di buat dari beberapa bahan alami ini pastinya aman untuk dikonsumsi?

Obat-obatan herbal di buat dari tumbuh-tumbuhan. Dapat dari daun, bunga, batang akar, buah, atau bijinya. Lalu beberapa bahan ini diolah serta dikemas berbentuk kapsul, tablet, minyak, salep, atau minuman berbentuk teh.

Lantaran di buat dari beberapa bahan alami, orang-orang juga memikirkan bahwa obat herbal aman. Pada akhirnya masyarakat juga tidak sangsi mencobanya, terlebih bila obat herbal itu telah dipakai mulai sejak turun-temurun.

Pada intinya obat herbal yang beredar di Indonesia aman untuk dikonsumsi. Tetapi dengan catatan bahwa produk itu telah tercatat di BPOM RI.

Di Indonesia sendiri, obat herbal digolongkan jadi dua jenis, yakni obat herbal tradisional serta obat herbal nontradisional.

Obat herbal tradisional. Di kenal juga sebagai obat tradisional atau jamu. Beberapa bahan yang dipakai telah dipakai mulai sejak turun-temurun serta adalah resep warisan budaya bangsa Indonesia.
Obat herbal nontradisional. Kandungan pada obat ini tidak ada pada peristiwa penyembuhan tradisional nenek moyang Indonesia atau tidak turun-temurun, tetapi kandungannya punya potensi bermanfaat untuk tubuh.

Saat sebelum mengizinkan peredaran produk obat herbal, BPOM RI bakal lakukan rangkaian uji coba ilmiah terlebih dulu manfaat membuat perlindungan orang-orang dari kemungkinan kandungan beberapa zat yang berbahaya. Tetapi untuk obat herbal yang sudah dipakai mulai sejak turun-temurun tidak perlu dikerjakan uji klinik lagi. Walau ada juga yang membutuhkan bukti klinik selanjutnya.

Sistem uji klinik disuatu produk mencakup penelusuran pada kebenaran jatidiri tumbuhan yang digunakan, sisi tumbuhan yang digunakan, langkah penyiapan bahan baku, identifikasi senyawa aktif, serta beberapa sistem yang lain.

Obat herbal yang beredar di Indonesia tidak bisa memiliki kandungan Bahan Kimia Obat (BKO) lantaran bisa membahayakan kesehatan serta menyebabkan fatal. Contoh BKO yang disebut yaitu paracetamol juga sebagai obat pereda rasa sakit atau sildenafil juga sebagai obat penambah stamina.

BPOM RI dengan tegas melarang masyarakat konsumsi obat herbal dengan kandungan BKO. BPOM RI juga bakal mengambil alih produk obat herbal yang memiliki kandungan beberapa zat itu.
 
Tips Supaya Aman Konsumsi Obat Herbal


Sebagian bahan alami yang jadikan obat herbal memanglah aman untuk dikonsumsi. Walau aman, obat herbal juga punya potensi mengakibatkan efek samping baik ringan ataupun serius pada tubuh. Efek samping itu juga tercantum pada kemasannya. Supaya terlepas dari bahaya, di bawah ini yaitu beberapa tips aman konsumsi obat herbal.

Yakinkan beli produk yang sudah tercatat di BPOM RI.
Janganlah lupa teliti tanggal kedaluarsa produk.
Ikuti seluruhnya panduan penggunaan beserta dosis yang terdaftar di paket.
Hubungi layanan konsumen produk itu bila Anda mau tahu lebih jelas tentang produk mereka.
Saat sebelum mengkonsumsinya, yakinkan Anda berkonsultasi terlebih dulu pada dokter.

Obat herbal tidak bisa dikonsumsi oleh kebanyakan orang. Ada beberapa kelompok yang baiknya berhati-hati atau hindari kelompok obat herbal.

Ibu hamil serta menyusui. Saat kehamilan yaitu saat ketika beberapa ibu mesti berhati-hati dalam konsumsi apapun, termasuk juga obat herbal. Apa yang dikonsumsi ibu hamil mungkin merubah keadaan janin sampai dapat menyebabkan pada keguguran, lahir prematur, atau bayi terlahir cacat. Hal semacam ini juga berlaku untuk ibu menyusui. Konsumsi yang masuk ke tubuh ibu menyusui dapat mengalir ke ASI. Zat yang terdapat pada obat herbal kemungkinan dapat beresiko pada kesehatan bayi.
Orang yang ingin operasi. Ada beberapa obat herbal yang dapat memperlambat pembekuan darah atau memperlancar peredaran darah. Hal semacam itu dapat beresiko buruk bila obat herbal dikonsumsi oleh kalangan yang mau melakukan operasi. Misalnya pemakaian ginkgo biloba mesti dihentikan minimum dua minggu saat sebelum operasi lantaran tanaman ini dapat memperlambat sistem pembekuan darah.
Tengah konsumsi obat-obatan tertentu. Obat herbal dapat juga menyebabkan efek samping serius bila digabungkan dengan obat-obatan medis, seperti obat tekanan darah, obat pengencer darah, serta obat diabetes.
Mempunyai penyakit tertentu.
Obat herbal yang awalannya ditujukan untuk berikan manfaat baik, malah dapat jadi parah keadaan penyakit seorang. Misalnya obat herbal sambiloto. Obat ini dapat tingkatkan sistem kekebalan tubuh, tetapi dapat pula beresiko bila sambiloto dikonsumsi oleh pasien penyakit autoimun. Lantas ada juga obat herbal yang terbuat dari pegagan. Pegagan tidak bisa dikonsumsi oleh orang yang mempunyai masalah organ hati. Menurut riset, konsumsi pegagan dapat tingkatkan resiko kerusakan hati.

Janganlah sembarang konsumsi obat herbal, terlebih bila tujuannya untuk penyembuhan. Baiknya tanyakan pada dokter bila mau memasukkan zat apapun ke tubuh.
Bagi Kalian Yang Suka Menkonsumsi Ramuan Herbal, Berikut Ini Tips Yang Benar Agar Semakin Bermanfaat Bagi Kalian Yang Suka Menkonsumsi Ramuan Herbal, Berikut Ini Tips Yang Benar Agar Semakin Bermanfaat Reviewed by Unknown on 14.58 Rating: 5
Diberdayakan oleh Blogger.