((Bantu Share Ya)) Mari Kita Mengenal Tanaman Lempuyang. Tanpa Kalian Sadari Lempuyang Ampuh Mengobatu Batuk Rejan, Kaki Encok, Rematik Dll. Berikut Ini Cara Pengolahannya


 Lempuyang adalah tanaman indonesia yang memiliki banyak manfaat. Lempuyang dari dulu di kenal juga sebagai jamu/obat tradisional. Diluar itu, rimpang yang masih tetap muda (terlebih lempuyang gajah) dikonsumsi juga sebagai lalap.

Nama Ilmiah Lempuyang : Zingiber spp., Z. aromaticum (lempuyang yang wangi), Z. amaricans (lempuyang pahit).
Nama Lain Lempuyang (Daerah) : Lampuyang, Lempuyang, Rempuyang.

Ciri-Ciri Lempuyang :
Batang Lempuyang :
Adalah batang semu, terbagi dalam helaian kelopak daun yang sama-sama membungkus.
Rimpang Lempuyang : Memiliki ukuran besar, daging berwarna kuning pucat, rasa lempuyang wangi tajam serta berbau harum, rasa lempuyang pahit tajam serta pahit di lidah dengan bau yang tidak kuat.
Daun Lempuyang : Berupa mata lembing atau bulat memanjang, ujung runcing serta pangkal mengecil.
Bunga Lempuyang : Muncul dari umbi batang, berbonggol dibagian atas.
Tempat Tumbuh Lempuyang : Tanaman ini dahulu banyak tumbuh liar, tempat yang disukainya dengan ketinggian 0-1200 m dpl.
Pengembangbiakan Lempuyang : Lempuyang seperti kerabat tanaman berimpang yang lain bisa diperbanyak dengan rimpangnya. Rimpang yang cukup tua ditumbuhkan dulu akar serta tunasnya, baru dipindah di kebun. Diluar itu perbanyakan bisa dikerjakan dengan pemisahan anakan.

Kandungan Lempuyang :


Minyak atsiri berbentuk limonen serta zerumbon (zat anti kejang).

Manfaat Lempuyang :


1. Menambah Nafsu Makan

Rimpang lempuyang pahit sejumlah 150 gr dicuci sampai bersih, lalu parut sampai halus, rebuslah parutan ini dengan 2500 cc air sampai airnya tinggal separuh. Untuk menghilangkan rasa pahit bisa ditambahkan gula merah 50 gr, saring terlebih dulu saat sebelum diminum, air ini diminum 3X satu hari cukup 1 sendok makan.

2. Menyembuhkan Batuk Rejan

Rimpang lempuyang pahit digabung kayu manis cina serta bawang merah yang telah dipanggang. Campuran tersebut di tumbuk serta diperas, lalu minum hasil perasannya.

3. Menyembuhkan Gatal Akibat Alergi Udang serta Ikan Laut

Irislah tipis-tipis rimpang lempuyang, seduh seperti teh serta diminum sehari-hari sampai gejala alergi hilang.

4. Menyembuhkan Kaki Encok

Rimpang lempuyang pahit ditumbuk digabung dengan minyak kelapa serta abu dapur, ramuan ini dapat bermanfaat untuk menyembuhkan bengkak-bengkak di tubuh. Langkahnya berikan tumbukan di bagian yang sakit atau bengkak.

5. Menyembuhkan Rematik

Rimpang lempuyang wangi dikupas, lantas digabung cabe jawa, lumatkan, serta ditambah nasi kering, ramuan itu ditempelkan pada tubuh yang sakit.

6. Obat Penambah Darah

Rimpang Lempuyang wangi diparut, lantas digabung dengan gula jawa, rebus dengan air seperlunya. Airnya diminum satu hari 3X sebanyak satu sendok makan.
((Bantu Share Ya)) Mari Kita Mengenal Tanaman Lempuyang. Tanpa Kalian Sadari Lempuyang Ampuh Mengobatu Batuk Rejan, Kaki Encok, Rematik Dll. Berikut Ini Cara Pengolahannya ((Bantu Share Ya)) Mari Kita Mengenal Tanaman Lempuyang. Tanpa Kalian Sadari Lempuyang Ampuh Mengobatu Batuk Rejan, Kaki Encok, Rematik Dll. Berikut Ini Cara Pengolahannya Reviewed by Unknown on 11.01 Rating: 5
Diberdayakan oleh Blogger.