PENTING !! Berapa Usia Paru-paru Anda ?


 Selama bertahun-tahun, beberapa pakar telah memikirkan bila kesehatan jantung juga sebagai penting untuk mendukung hidup yang panjang. Tetapi banyak studi yang dikerjakan, ternyata bukan sekedar jantung saja yang bertindak penting pada usia.

Dalam studi paling baru sudah temukan bahwa, kemampuan paru-paru sama pentingnya pada faktor panjangnya umur. Sebagian pakar nyarankan untuk lakukan tes paru-paru, seperti yang biasa dikerjakan pada tekanan darah atau kolesterol.

Paru-paru dapat juga memiliki 'umur' lebih tua atau lebih muda, dari pada usia kita yang sebenarnya. Lantas bagaimanakah langkahnya kita ketahui, berapakah 'usia' paru-paru kita?

Seperti umur kita, umur serta kemampuan paru-paru kita selalu berkurang. Selama bertahun-tahun, jaringan paru-paru bakal jadi rapuh. Pernafasan bisa terganggu, hingga pasokan oksigen ke sel tubu bakal makin berkurang.

Satu studiyang dikerjakan oleh Universitas Buffalo, Amerika Serikat, temukan beberapa orang dengan fungsi paru-paru paling rendah, mempunyai resiko kematian dini dua kali lipat.

Merokok serta asma, atau penyakit paru obstruktif kronik juga dapat kurangi kapasitas paru-paru.

Serta kemampuan paru-paru dapat juga di pengaruhi oleh tinggi badan. Orang yang lebih tinggi, mempunyai paru-paru yang semakin besar. Serta jenis kelamin, laki-laki mempunyai paru-paru yang lebih besar, dari pada wanita.

Demikian pula dengan etnis, orang-orang Afro-Karibia serta India mempunyai volume paru-paru sedikit lebih rendah.

Lantas apakah itu 'usia' paru-paru?


Itu mungkin saja sedikit aneh, dimana ada orang muda dengan kerusakan paru-paru mempunyai usia yang lebih 'tua' dari usia mereka yang sebenarnya. Demikian sebaliknya, orang yang lebih tua, yang tidak pernah merokok bisa mempunyai paru-paru lebih muda.

Suatu riset di Inggris tahun 2008 temukan, perokok mempunyai usia paru-paru lebih tua 2 x lipat. Lantas bagaimanakah mengujinya?

Langkah kerja uji :


Setiap orang yang bakal diuji disuruh untuk meniup alat yang dimaksud spirometer. Pengukurannya dipecah jadi tiga faktor :

1. FEV1 (volume ekspirasi paksa dalam satu detik). Bila saluran udara Anda menyempit lantaran penyakit atau kerusakan, jumlah udara yang ditiup cepat menyusut.

2. FVC (dipaksa kemampuan vit**). Volume maksimal udara di paru-paru Anda, yang bisa Anda tiup setelah menghirup udara dalam-dalam.

3. Laju aliran puncak. Ini yaitu tingkat paling cepat udara yang bisa paru-paru Anda tiupkan dalam waktu singkat. Hal semacam ini kerap dipakai oleh dokter.

Ketiga pengukuran diatas dipakai untuk menghitung 'usia' paru-paru, dengan memperhitungkan usia, tinggi badan, jenis kelamin serta etnis.

Lima langkah untuk tingkatkan kesehatan paru-paru Anda :


1. Berhenti merokok

2. Olahraga serta berkeringat selama 30 menit setiap hari, untuk tingkatkan kemampuan paru-paru Anda.

3. Menurunkan berat badan, atau ideal. Bila Anda keunggulan berat badan atau obesitas, lemak bakal fungsi paru-paru.

4. Kontrol asma Anda. Yakinkan asma Anda diobati dengan baik.

5. Belajar bernapas lebih baik. Dapat dikerjakan dengan latihan yoga.
PENTING !! Berapa Usia Paru-paru Anda ? PENTING !! Berapa Usia Paru-paru Anda ? Reviewed by Unknown on 10.55 Rating: 5
Diberdayakan oleh Blogger.