Pasti Kalian Tidak Tahu Kan Tentang Khasiat Biji Cempedak Salah Satu Sumber Karbohidrat Yang 3 Kali Jauh Lebih Banyak Dari Biji Gandum. Berikut Cara Pengolahannya


 Cempedak adalah tanaman buah-buahan yang datang dari Asia Tenggara serta menyebar luas dari mulai lokasi di Burma, semenanjung Malaya, Thailand, serta beberapa kepulauan Indonesia. Cempedak termasuk dalam family Moraceae, bentuk buah, keharuman serta rasa seperti nangka, sering kali aroma dari buah ini menusuk kut seperti durian.

Buah cempedak memiliki banyak fungsi serta manfaat, dari mulai kulit, daging buah hingga bijinya. Buah cempedak umumnya di proses juga sebagai sayuran atau digoreng untuk lauk serta cemilan yang lezat serta sehat untuk anak.

Biji cempedak yaitu salah satu sumber karbohidrat yang 3 kali jauh semakin banyak dari biji gandum. Protein yang dikandung biji cempedak melebihi 1/2 dari kandungan protein pada biji gandum, memberi energy yaitu 165 kk/100 gr biji cempedak. Hingga biji cempedak bisa jadikan tepung yang bisa jadikan juga sebagai bahan pangan yang bisa jadikan juga sebagai pengganti tepung biasa.

Langkah Bikin Tepung Biji Cempedak

Lantas bagaimana langkah bikin tepung yang sehat ini? Ini dia tipsnya!


Tentukan biji cempedak yang bagus serta segar dari buah cempedak yang telah matang.
Kukus atau rebus biji cempedak yang sudah dicuci bersih selama 60 menit, hal semacam ini mempunyai tujuan supaya kulit bijinya mudah terlepas. Agar bisa menyingkirkan bau khas dari biji cempedak dapat memakai arang batok kelapa. Pemberian arang patok kelapa mempunyai tujuan untuk menyerap bau dari biji cempedak.
Setelah masak, angkat serta tiriskan.
Pisahkan biji cempedak dari kulitnya dengan bantuan pisau. Kumpulkan biji cempedak yang berwarna putih ke wadah yang tidak sama.
Jemur biji cempedak yang telah dikupas tadi di bawah sinar matahari selama 4-5 hari. Supaya sistem pengeringan cepat bisa memakai oven.
Haluskan biji cempedak lewat cara di tumbuk atau di jus dampai halus seperti tepung.
Ayaklah biji cempedak yang telah dihaluskan untuk memisahkan tepung biji yang kasar dengan yang halus.
Blender kembali biji cempedak yang masih tetap kasar hingga halus.
Apabila tepung di rasa masih lembab dapat dijemur kembali.

Pasti Kalian Tidak Tahu Kan Tentang Khasiat Biji Cempedak Salah Satu Sumber Karbohidrat Yang 3 Kali Jauh Lebih Banyak Dari Biji Gandum. Berikut Cara Pengolahannya Pasti Kalian Tidak Tahu Kan Tentang Khasiat Biji Cempedak Salah Satu Sumber Karbohidrat Yang 3 Kali Jauh Lebih Banyak Dari Biji Gandum. Berikut Cara Pengolahannya Reviewed by Unknown on 10.55 Rating: 5
Diberdayakan oleh Blogger.