Mari Kita Mengenal Daun Landik. Sejak Jaman Dahulu Daun Landik Terkenal Mampu Mengobati Luka Gigitan Anjing, Rematik, DLL. Berikut Ini Cara Pengolahannya


 Tumbuhan ini datang dari Madagaskar serta bisa diketemukan hingga ketinggian 100m dpl. Tumbuh liar di hutan serta di ladang, atau ditanam di halaman juga sebagai tanaman hias, tanaman pagar serta juga sebagai tumbuhan obat. Tanaman landik ini kategori perdu bercabang banyak, tinggi 1-2m, berduri batang berkayu, warna coklat tua. Ciri tanaman landik berdaun tunggal, letak berhadapan, bertangkai pendek, pada pangkal tangkai ada sepasang duri yang kuat serta tajam serta berwarna merah ungu.

Nama lokal :

barleria lupulina (latin), landik, sujen trus (jawa), hua ye jia du juan (china)

Penyakit yang bisa diobati :

gigitan anjing/ular berbisa, bengkak, terpukul, bisul, luka berdarah, rematik, korengan.

Pemakaian : daun

Daun landik bermanfaat untuk menangani :
- gigitan anjing serta ular berbisa
- bengkak disebabkan terpukul atau terjatuh
- bisul, luka berdarah, koreng
- rematik

Langkah penggunaan :

Daun segar sejumlah 6-10gram di rebus, lantas diminum.
Untuk penggunaan luar : daun segar digiling halus, tempelkan pada tempat yang sakit.

Contoh penggunaan :

rematik
Segenggam daun landik dicuci bersih lantas digiling halus. Tambahkan air kapur sirih seperlunya sembari diremas hingga jadi bubur. Pakai untuk membalur serta menggosok-gosok bagian tubuh yang sakit.

catatan :

untuk wanita hamil dilarang minum ramuan tumbuhan obat ini.

komposisi :

sifat kimiawi serta efek farmakologis : pedas, hangat. Memperlancar aliran meridian.
kandungan kimia : daun memiliki kandungan polifenol, sengkan batang serta akar memiliki kandungan polifenol, saponin, serta flavonoida.
Mari Kita Mengenal Daun Landik. Sejak Jaman Dahulu Daun Landik Terkenal Mampu Mengobati Luka Gigitan Anjing, Rematik, DLL. Berikut Ini Cara Pengolahannya Mari Kita Mengenal Daun Landik. Sejak Jaman Dahulu Daun Landik Terkenal Mampu Mengobati Luka Gigitan Anjing, Rematik, DLL. Berikut Ini Cara Pengolahannya Reviewed by Unknown on 10.26 Rating: 5
Diberdayakan oleh Blogger.